Pekerja Buruh PT Samitex Bantul Tolak Omnibus Law

Jogja, dprd-diy.go.id – Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC SPSI) Kabupaten Bantul dan PUK TSK SPSI PT Samitex Bantul mengadakan aksi damai di halaman gedung DPRD DIY. Aksi yang berlangsung pada Senin (31/08/2020) ini dalam rangka menolak omnibus law yang diusung oleh DPR RI.

Kedatangan serikat pekerja buruh ini untuk menyampaikan aspirasi menolak omnibus law kepada DPRD DIY. Aspirasi disampaikan dengan harapan agar DPRD DIY dapat meneruskan aspirasi serikat pekerja ini kepada DPR RI.

Menurut keterangan salah seorang orator, RUU Omnibus Law dinilai tidak memiliki transparansi dan tidak melibatkan masyarakat sipil dalam penyusunannya. Para pekerja khawatir Omnibus Law hanya akan memperburuk kehidupan buruh dan semakin mengurangi hak buruh.

Pada aksi ini Aria Nugrahadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyampaikan apresiasi kepada para buruh. Aria mengungkap bahwa Disnakertrans dan serikat buruh ini agar terus memperjuangkan kesejahteraan para pekerja buruh.

Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY menemui para demonstran menyampaikan apresiasinya kepada para pekerja buruh yang tidak menyerah memperjuangkan kesejahteraannya. Menurut Huda, pengadaan RUU Omnibus Law terkesan terlalu tergesa-gesa sehingga banyak menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Huda menjelaskan bahwa yang perlu menjadi fokus pemerintah saat ini adalah berupaya menanggulangi dampak akibat pandemi Covid-19. Menurut penjelasan Huda membuat perundangan Omnibus Law tidak tepat meskipun pada situasi seperti ini investasi sangat dibutuhkan. Adanya RUU Omnibus Law hanya akan merugikan para pekerja dan buruh.

“Dalam pandangan saya Omnibus Law belum dilakukan dengan baik. Meskipun investasi sangat dibutuhkan saat ini, namun pembuatan undang-undang bukan solusi, karena secara umum merugikan pekerja. Pada intinya adalah bagaimana kita (pemerintah) menyelesaikan permasalahan Covid-19. Ketika penanganan Covid-19 sudah baik maka investor akan masuk dengan lebih mudah,” ungkapnya.

Huda menambahkan bahwa perlu kerja sama untuk menyelesaikan permasalahan dan dampak yang ditimbulkan akibat Covid-19. Berkaitan dengan aspirasi yang disampaikan, Huda secara pribadi sepakat dan akan meneruskan aspirasi tersebut kepada DPR RI.

“Perlu kerja sama untuk menyelesaikan masalah dari pandemi. Dengan ini maka perekonomain akan berjalan lagi. Saya pribadi siap mendukung dan siap meneruskan aspirasi rekan-rekan kepada DPR RI,” jelas Huda menutup sambutannya. (fda) 

 

PDF Embedder requires a url attribute

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*