Raker Bapemperda: Terdapat Enam Pembentukan Raperda dari Eksekutif

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (18/10/18) DPRD DIY melaksanakan Raker Bapemperda mengenai pembahasan rencana program pembentukan Peraturan Daerah tahun 2019. Raker dipimpin oleh Rendradi Suprihandoko bertempat di Ruang Bapemperda Lantai 2 DPRD DIY dihadiri oleh pimpinan &  anggota Bapemperda.

“Untuk tahun 2019 dari Dewan ada lima rancangan Bapemperda yaitu dengan inisiator Komisi-Komisi A B C D dan Bapemperda, selanjutnya yang diinisiasi oleh teman-teman Eksekutif tertuang dalam tiga Bapemperda diantaranya Raperda tahun 2017 yang terpaksa ditunda dan diluncurkan pada tahun 2019. Selain itu dari jumlah 14 Raperda terdapat  tiga Raperda kumulatif terbuka yang berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban oleh APBD 2019,” ungkap Rendradi.

Endah selaku anggota Badan Eksekutif Biro Hukum menuturkan Rancangan Pembentukan Peraturan Daerah untuk tahun 2019 ada enam, yaitu:

  1. Luncuran dari 2017 yaitu RT, RW, dan RPDKKP
  2. Perubahan Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha
  3. Perubahan Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum
  4. Raperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia
  5. Raperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil
  6. Rancana Umum Energi Daerah

Terkait dengan rencana tata ruang per sub, Biro Hukum melakukan koordinasi dengan PTR yang saat ini sudah dalam fase pembahasan per sub dan  merupakan fase terakhir, akan ada pemberkasan selama 21 hari sampai bulan November. Untuk RPI dan RDPKKP sudah menyesuaikan RT dan RW. Kemudian untuk perubahan Perda Nomor 12 Tahun 2011 dan Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum dan Retribusi Jasa Usaha sudah dibuat draft serta Naskah Akademik dan sudah dirapatkan. (mga)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.