Raperda Penanggulangan Kemiskinan Selesai Dibahas

jogja- dprd-diy.go.id – Rabu (21/08/2019) Pansus Raperda Penanggulangan Kemiskinan kembali melanjutkan pembahasan. Rapat dipimpin oleh Danang Wahyu Broto Ketua Pansus serta Sekda DIY Gatot Saptadi, Kepala Biro Hukum Setda DIY Dewo Isnu Broto, Kepala BAPEDA DIY Budi Wibowo dan tamu undangan lainnya.

Pansus kembali membahas pasal 29 tentang pendanaan, Anggota Pansus Huda Tri Yudiana menyampaikan bahwa kami ingin melihat profile APBD terhadap pengentasan kemiskinan karena didapat sebelumnya belum terpaparkan dengan baik. Apa saja program-program yang penting terhadap pengentasan kemiskinan.

Budi Wibowo, menyampaikan bahwa nomenklatur di 2019 dan 2020 ada perbedaan. Tahun 2019 pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan SDM dilaksanakan multi sektor tidak ada pemisahan khusus, kedepan anggaran terhadap pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan SDM di tahun anggaran 2020 di rancang mencapai 47%.

Sambung Gatot saya rasa kami dari eksekutif mempunyai semangat yang sama dengan Anggota Dewan di DIY, segala upaya untuk menekan angka kemiskinan di DIY.

Kembali Huda menyampaikan agar integrasi anggaran untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan SDM agar di rencanakan dengan baik sesuai roadmap guna mencapai target yang ada di RPJMD dan dapat di laksanakan dengan baik oleh OPD terkait.

Setelah melakukan diskusi dan telah bersama pasal 29 ayat (2) berbunyi Pemda wajib mengalokasikan anggaran untuk program penanggulangan kemiskinan sekurang-kurangnya 10 % dari belanja langsung APBD sampai tercapainya RPJMD berubah menjadi pendanaan penanggulangan kemiskinan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi prioritas dalam program penanggulangan kemiskinan sesuai target dalam perencanaan pembangunan daerah.

Selaku pimpinan rapat Danang Wahyu Broto mengungkapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam penyusunan raperda penanggulangan kemiskinan di DIY, kemudian akan di ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*