Wakil Ketua DPRD DIY Buka Uji Publik Seleksi Anggota Lembaga Ombudsman DIY Periode Tahun 2021-2026

Jogja, dprd-diy.go.id – Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana Kamis (26/11/2020) resmi membuka uji publik seleksi anggota Lembaga Ombudsman DIY periode tahun 2021-2026 yang dilaksanakan ruang lobby lantai 1 Gedung DPRD DIY.

Dalam sambutannya Huda menyampaikan, “Dengan adanya Lembaga Ombudsman DIY kita sebagai lembaga berbagi peran dengan DPRD DIY untuk menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat.  Lembaga Ombudsman juga lembaga yang strategis di daerah, tidak sedikit yang mengadu kepada  Lembaga Ombudsman.”

Huda juga menyatakan apresiasi kepada Pansel (panitia seleksi) yang kredibel terdiri dari berbagai unsur, harapannya dengan pansel yang kredibel sehingga DIY mendapatkan anggota LOD yang kredibel pula.

Di akhir sambutannya huda menyampaikan, “Saya doakan yang terbaik untuk peserta, selamat menjalani uji publik, dan dengan ini saya resmi membuka uji publik seleksi anggota Lembaga Ombudsman DIY periode tahun 2021-2026.”

Seleksi calon anggota Ombudsman diketuai langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan tertuang SK No 95/Tim/2020 tentang SK Pembentukan Tim Seleksi tertanggal 3 Agustus 2020.

Selain diketuai Gubernur DIY dan Sekretaris Kepala Biro Hukum. Anggota tim seleksi juga berasal dari berbagai unsur. Di antaranya dari kalangan praktisi hukum ada Achiel Suyanto, Prof. Dr. Sujito (Akademisi UGM), Dr Sari Murti, S.H.,MHum. (aktivis perempuan dan anak), Drs. H. Octo Lampito, M.Pd (dari tokoh pers) dan KH. Jazir, ASP(tokoh masyarakat dan budayawan).

Achiel Suyanto selaku koordinator pelaksana harian tim seleksi anggota LO mengatakan, proses Uji Publik ini merupakan proses terakhir sejak pemberkasan, tes tertulis, psikologi, dan wawancara, kini uji publik tes terakhir. Kandidat yang lulus akan diumumkan pada Desember 2020 dan pengukuhan pada Januari 2021.

“Uji publik ini diikuti 14 peserta dan akan diambil 7 dan akan ada 3 calon cadangan untuk menjaga ada hal-hal ke depan salah satu anggota harus diganti sudah ada cadangan 3 orang sehingga tidak perlu melakukan seleksi,” ucap Achiel. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*