Workshop Penyempurnaan Draft Raperda Inisiatif Bahas Urgensitas Kebijakan Terkait Sumber Daya Air

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY menyelenggarakan dua acara workshop pada 14 Desember 2018 berkaitan dengan penyempurnaan Draft Raperda Inisiatif DPRD DIY, yaitu Raperda Tentang Pengendalian, Pengelolaan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Air serta Raperda Tentang Perlindungan Kerajinan Batik. Pelaksanaan workshop Raperda Tentang Pengendalian, Pengelolaan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Air bertempat di ruang Rapat Gabungan lantai tiga. Terdapat empat narasumber yang dihadirkan dalam acara ini, antara lain Dr.Hari Supriyanto, SH.MHum (Dosen Fakultas Hukum UAJY), Dr. Harry Supriyono, S.H., M.Si (Ketua Departemen Hukum Lingkungan, Fakultas Hukum UGM), Dr.Ir Heru Hendrayana (Kepala Departemen Teknik Geologi UGM), serta Ir. Sigid Hanandaja DP (Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR).
Workshop yang dipandu oleh Suharwanta, S.T., anggota Komisi C, diawali dengan pemaparan Hari Supriyanto mengenai urgensitas kebijakan mengenai sumber daya air. Raperda sangat penting untuk memberi kepastian hukum dan kemanfaatan bagi masyarakat, mengingat sumber daya air merupakan kebutuhan esensial setiap orang. Supriyanto juga menyampaikan potensi dan permasalahan dumber daya air di DIY antara lain berkenaan kawasan karst di GK, banjir lahar dingin, penutupan muara sungai, etika dan budaya pengelolaan air, dan lain-lain.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Heru Hendrayana yang menyatakan kondisi sumber daya air di Indonesia dari tahun ke tahun, beserta dengan perkembangan produk hukumnya, salah satunya dengan menjelaskan pembatalan UU SDA Nomor 7 tahun 2004. Berkaitan dengan penyusunan Raperda Inisiatif, Heru menyatakan “Terdapat 6 prinsip dasar batasan pengelolaan sumber daya air dalam putusan MK, 6 prinsip itu adalah dasar penyusunan kebijakan dan harus ada dalam penyusunan Naskah Akademik.” Jelas Heru. Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Hary Supriyono dan Sigid Hanandaja mengenai pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air karena disampaikan bahwa sumber daya air sangat vital dalam menjamin kehidupan masyarakat. Di samping itu juga dijelaskan terkait pembentukkan produk hukum dan fungsi dari kebijakkan terkait sumber daya air. (ra)

Materi workshop Raperda Tentang Pengendalian, Pengelolaan, dan Pemanfaatan Sumber Daya dapat diunduh melalui tautan sebagai berikut :

Materi Workshop Pengelolaan Sumber Daya Air 1

Materi Workshop Pengelolaan Sumber Daya Air 2

Materi Workshop Pengelolaan Sumber Daya Air 3

Materi Workshop Pengelolaan Sumber Daya Air 4

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.